FOKUS PASTORAL

Arah Pastoral Paroki Pamulang Gereja Santo Barnabas  adalah pemberdayaan umat basis, dimana dalam melaksanakan kegiatan ataupun programnya paroki selalu melibatkan seluruh umat dengan tujuan agar semua umat menjadi peka akan keterlibatannya dalam kegiatan paroki, begitu pula dengan umat basis untuk KAJ yaitu lingkungan-lingkungan teritorialnya.

Lingkungan yang merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan program kerja paroki, mempunyai peranan yang sangat penting, sebab di lingkungan itulah segala kegiatan dapat dilakukan oleh umat serta dapat menyentuh langsung kepada umat dan dikoordinir oleh pengurus lingkungan. Kehidupan lingkungan untuk Paroki Pamulang Gereja Santo Barnabas menjadi perhatian pastoral agar dapat tumbuh menjadi persekutuan umat yang akrab, semakin mantap dalam beriman dan semakin terbuka dalam hidup bermasyarakat dan bertetangga. Kegiatan perayaan Ekaristi yang teratur untuk masingmasing lingkungan belum merata. Hal ini disebabkan karena terbatasnya pastor yang ada dan banyaknya lingkungan di paroki ini. Namun pelaksanaan ibadah sabda dan doa-doa lingkungan berjalan dengan baik.

Kegiatan Peribadatan

Dalam kegiatan peribadatan di Paroki Pamulang Gereja Santo Barnabas semenjak berdiri tahun 1993 hingga sekarang mempergunakan sarana SDK Mater Dei Pamulang di aula, ruang kelas, teras bahkan lorong-lorong yang ada untuk menampung umat melakukan kegiatan peribadatan. Sedangkan untuk perayaan Natal maupun Paskah semua kegiatan peribadatan mempergunakan halaman SDK Mater Dei dengan tenda. Untuk kegiatan misa-misa lain diadakan di Kapel Pastoran Pondok Cabe Pamulang, Susteran SPM, Susteran Alma, Yayasan Bina Bakti, Gedung Yayasan Bhakti Luhur serta tempat-tempat lainnya. Mulai tanggal 11 Maret 2001 Paroki Pamulang  Gereja Santo Barnabas menambah volume misanya yaitu misa Minggu Sore bertempat di Gedung Yayasan Bakti Luhur Jl. Laksamana R. E. Martadinata No. 50 B, Ciputat. 

Adapun jadwal misa yang dilakukan di paroki Rasul Barnabas Pamulang adalah sebagai berikut:

SDK Mater Dei
Komplek Witana Harja, Pamulang

Hari Sabtu Sore jam 18.00, karena adanya sesuatu hal sehingga atas keputusan Dewan Paroki periode 2003-2006 mulai bulan November 2005 untuk sementara misa pada hari Sabtu sore ditiadakan. Hari Minggu pagi jam 06.00 jam 08.00 dan jam 10.00

Misa hari-hari besar (Natal, Paskah) di halaman SDK Mater Dei dengan memasang tenda, serta membuat altar sementara, karena aula yang ada tidak mampu menampung jumlah umat yang hadir. Lokasi ini dapat dijangkau oleh umat dari arah Pamulang, Muncul, Pondok Cabe, dengan kendaraan umum.

 

Paroki Pamulang Gereja Santo Barnabas
Aula Yayasan Bhakti Luhur

Luhur Jl. R. E. Martadinata No. 50 B Ciputat, untuk Misa Kudus pada hari Minggu sore jam 18.00, lokasi ini dapat dijangkau dari arah Ciputat, Pondok Cabe, Cinangka, Pamulang Timur, Serua dan Cirendeu dengan kendaraan.

Kapel Pastoral Pondok Cabe,
Pamulang

Di Jl. Salam No. 3 Pondok Cabe untuk misa harian setiap hari jam 05.45 dan misa Jum’at pertama jam 19.00. Lokasi ini dapat dijangkau dengan kendaraan umum dari lokasi, Ciputat, Pondok Cabe, Pamulang, Cinangka, Serua danjuga dari arah Parung.

Para Pekerja Paroki

Dalam menata dan menjalankan program kerja, Paroki Pamulang Gereja Santo Barnabas mempunyai kepengurusan dan perangkat sebagai berikut: Pengurus Gereja dan Dana Papa (PGDP) dan Pengurus Dewan Paroki, pengurus PGDP juga adalah pengurus Dewan Harlan, secara keseluruhan tergabung dalam Dewan Paroki Pleno yang terdiri dari Dewan Harian/PGDP, Ketua-ketua Wilayah, Ketua-ketua Lingkungan, Seksi-seksi, Bagian, Kelompok Kategorial, Komunitas, Yayasan, Organisasi dan lain-lain. Dimana dari masing-masing hal tersebut mempunyai kegiatan yang dapat di laksanakan dengan otoritas dan kebijakan yang ada sesuai dengan kondisi dan situasi masing-masing dengan tetap berpedoman pada Pedoman Dasar Dewan Paroki yang dikeluarkan oleh Keuskupan Agung Jakarta. 

Dalam kegiatan rutinnya Dewan Paroki termasuk Wilayah, Lingkungan dan Seksi-seksi masing-masing melaksanakan kegiatan menurut bidang dan bagiannya. Dewan Paroki Pleno termasuk didalamnya Organisasi, Kelompok Kategorial, Komunitas, Yayasan dan lain-lain bekerjasama satu lama lain untuk memberikan pelayanan kepada umat di paroki sesuai dengan tugas dan bidang serta tanggungjawabnya masing-masing dan menghindari pelaksanaan kerja yang tumpang tindih.

Kepengurusan Dewan Paroki & Pengurus Gereja dan Dana Papa Paroki Rasul Baranabas Pamulang sejak berdiri tanggal 17 Juli 1993 hingga periode 2006-2009 adalah sebagai berikut:

Periode 1993-1996 (I)

Ketua : Pastor F. X. Harimurtono, SCJ
Wakil Ketua I : V. M. Mulyanto
Wakil Ketua II : J. Eddie Cahyono Putro
Sekretaris I : F. B. Eddy Cahyanto
Sekretaris II : Synesius Djumari
Bendahara I : F. X. Dradjat Soeseno
Bendahara II : F. Sri Hayati Sudadi Susilo
Anggota :
Vincentius Tjipta Adiprawira
A. L. Dewi Suharso
Stephanus Suparno

Periode 1996-1999 (II)

Ketua : Pastor F. X. Harimurtono, SCJ
Wakil Ketua I : F. B. Eddy Cahyanto
Wakil Ketua II : Petrus Adibrata
Sekretaris I : R. M. Seno
Sekretaris II : J. F. Suzie Lesmana
Bendahara I : F. X. Dradjat Soeseno
Bendahara II : F. Sri Hayati Sudadi Susilo
Anggota :
Pastor Paulus Sarmono, SCJ
Vincentius Tjipta Adiprawira
Stephanus Suparno
F. X. Suparman M
Margaretha Benny Soetrisno

Periode 2000-2003 (III)

Ketua : Pastor Pius Pujawiyanto, SCJ
Wakil Ketua I : R. M. Seno
Wakil Ketua II : J. B. Susilo Mulyono
Sekretaris I : Thomas Murdiriyanto
Sekretaris II : Thomas Soewantho
Bendahara I : L. R. Bambang Kasmanto
Bendahara II : Maria Nelia P. Fernandes
Anggota :
Pastor Petrus Mujiono, SCJ
Florentina S. Pudjo Sampurno
Yohanes Sutarto
Robertus Bambang Wiratno

Periode 2003-2006 (IV)

Ketua : Pastor Pius Pujowiyanto, SCJ
yang kemudian dilanjutkan oleh Pastor Julianus Puryanto, SCJ
Wakil Ketua I : A. Bhakti Sudaryono
Wakil Ketua II : F. X. Totok Pratowo K.
Sekretaris I : L. Bambang Utomo
Sekretaris II : CY. Sumardowo
Bendahara I : Maria Nelia Fernandes
Bendahara II : V. Sri Widodowati
Anggota :
Pastor L. Sutrisno, SCJ
M. D. Nano Sungkono
Stefanus Kardi
Eric Krisnadi

Periode 2006-2009 (V)

Ketua : Pastor Julianus Puryanto, SCJ
Wakil Ketua I : Y. H. Surya Pujawiyata
Wakil Ketua II : J. B. Susilo Mulyono
Sekretaris I : Agustinus Hadi Siswanto
Sekretaris II : Rafael Wimpi Pristiono
Bendahara I : V. Sri Widodowati
Bendahara II : F. Sri Hayati Sudadi Susilo
Anggota :
M. D. Nano Sungkono
Periah Babo Ginting
Gregorius Pratiknyo
Alexius Karnadi
Paulus Sugiyarto
Victor Panjaitan
Pastor Felix A. Adi Purnama S, SCJ

Periode 2009-2012 (Vi)

Ketua : Pastor Julianus Puryanto, SCJ
Wakil Ketua I : Pastor Josef Kurkowski, SCJ
Wakil Ketua II : Johanes Djoni Murwanto
Sekretaris I : Rafael Wimpi Pristiono
Sekretaris II : C. Tedjo Endriyarto
Bendahara I : F. Sri Hayati Sudadi Susilo
Bendahara II : A. Asep Susanto
Anggota :
Gregorius Pratiknyo
 Agustinus Adil Irawan
B. Kriskamto
CH. Henny Indarto

Periode 2015-2018 (ViII)

Ketua Umum: Pastor Julianus Puryanto, SCJ
Ketua I: Pastor Yoseph S. Amirullah, SCJ
Ketua II: Pastor A. M. Siswinarko, SCJ
Wakil Ketua: M. D. Nano Sungkono
Sekretaris I: IGN. B. Budisuranto
Sekretaris II: Sicilia S. Pinawati S.
Bendahara: Patricius Buana Saka
Anggota :
F. X. Kristias Pramono
Bernardus Afat Susanto
Maria Renata Andajani
Y. Didit Sarwosunindyo
Nicolaus Listyo N. P.
Simon Paulus

Keterlibatan awam dalam struktur organisasi paroki sangat besar, terlihat dari semua semua seksi, bagian maupun dalam pelayanan rohani kepada umat sudah dapat dilakukan oleh awam, seperti prodiakon, katekise, pewartaan, liturgi, kerasulan keluarga, kerasulan awam dapat dilakukan oleh awam. Seksi-seksi yang ada diparoki Rasul Barnabas Pamulang terbagi menjadi tiga bidang: Bidang Ibadat yaitu Seksi Liturgi; Bidang Pelayanan yaitu Seksi Sosial Paroki, Seksi Kerasulan Keluarga, Seksi Kerasulan Awam dan HAK (Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan), Seksi Peranan Wanita, Seksi Panggilan, Seksi Kepemudaan. Bidang Pewartaan yaitu Seksi Katekise, Seksi Bina Remaja, Seksi Bina Iman, Seksi Komsos; Bidang Khusus yaitu Seksi Kematian, Seksi Keamanan.

Selain itu diparoki Rasul Barnabas Pamulang terdapat Sub Seksi yaitu bagian yaitu PPG ( Perawatan dan Pengelolaan Gedung Gereja ) serta kepanitiaan antara lain Panitia APP (Aksi Puasa Pembangunan ) dan Panitia Pembangunan Gereja. Kesemuanya itu berjalan dan berfungsi dengan baik sesuai dengan bidang masing-masing.

Proses kaderisasi untuk kepengurusan baik Dewan Paroki, Seksi, Ketua Wilayah, Ketua Lingkungan berjalan dengan menekankan pada kerja sosial. Kaderisasi merupakan suatu keharusan dalam pelaksanaan pelayanan dengan tanpa mengurangi hakekat yang sebenarnya bahwa sebagai pengurus adalah menjadi pelayan sosial tanpa pamrih.

Di Paroki Rasul Barnabas Pamulang terdapat Kongregasi, Komunitas, Kelompok Kategorial, Yayasan, Organisasi , Rumah Retret, Kelompok doa yang masing-masing mempunyai peran, mini dan visi sendiri-sendiri diantaranya:

  1. Kongregasi Para Suster Santa Perawan Maria, sejak 27 Mei 1985 telah merintis dan mengembangkan terutama dibidang pendidikan, namun juga karya Sosial kemasyarakatan lain, waktu itu dimotori oleh Sr.M.Lusia Dipoyudo, SPM dan Suster Martini, SPM. Langkah awal yang ditempuh adalah dengan membuka Sekolah Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menegah Pertama, Sekolah Menengah Atas dengan nama Strada Sanjaya, karena pada waktu itu ijin operasionalnya adalah Perkumpulan Strada. Namun sejak tahun 1993, sekolah-sekolah ini tidak lagi bergabung dengan Perkumpulan Strada dan selanjutnya dikelola oleh Kongregasi Suster Santa Perawan Maria, dimana waktu perutusan pendidikan ini dibawah Yayasan Pendidikan Santa Perawan Maria ( SPM) yang kemudian berganti nama menjadi Sekolah Mater Dei hingga sekarang. Alamat Kongregasi SPM adalah Pamulang Permai I, Blok AX 14 No.7-8 Pamulang, Tangerang Banten.
  2. Yayasan Bhakti Luhur dan Komunita Sekulir Alma, mulai berkarya di Pamulang sejak tahun 1992, bergerak dalam pelayanan sosial diantaranya: Panti Asuhan, Sekolah Luarbiasa untuk anak-anak cacat mental, cacat fisik serta penyediaan asrama untuk anak-anak tersebut. Sampai saat ini anakanak yang dirawat dan dididik berjumlah 239 anak dengan perincian: anak yang tinggal diasrama sebanyak 205 anak, anak yang hanya sekolah sebanyak 34 anak. Yayasan Bhakti Luhur terdaftar di Badan Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan Sosial ( BKKKS ) DKI Jakarta. Alamat Yayasan Bakti Luhur adalah JI. R.E Martadinata No.50 B, Cipayung Ciputat, untuk Komunitas Sekulir Alma di Sinar Pamulang Permai Blok A 12 No.3, Pamulang, Tangerang Banten dan di Cirendeu.
  3. Yayasan Bina Bhakti / Panti Werdha Bina Bhakti, memulai karya pelayanan sosial di daerah Pamulang dan sekitarnya tahun 1986 dengan mengelola Panti Werdha Bina Bhakti di Babakan, Serpong Tangerang Banten. Alamat lengkapnya adalah Komplek Curug, RT.02/RWO1, Desa Babakan, Serpong Tangerang Banten.
  4. Rumah Retret Civita, di Paroki Rasul Barnabas Pamulang ada Rumah Retret Civita dan Biara Carolus Boromeus. Rumah retret ini adalah milik Keuskupan Agung Jakarta, dan biasa dipergunakan untuk retret kaum muda. Alamatnya adalah JI. Cimandiri, Cipayung Ciputat, Tangerang Banten.
  5. Organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia cabang Paroki Rasul Barnabas; organisasi WKRI yang ada saat ini banyak berkiprah dalam pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan, dalam rangka mendukung program kerja Paroki.

Selain tersebut diatas ada beberapa kelompok Kategorial yang ada di Paroki diantaranya adalah Legio Maria, Persekutuan Doa Kharismatik Katolik, Komunitas Tritunggal Mahakudus, Kelompok Doa ibu-ibu Sta.Faustina yang semua itu ikut terlibat aktif dalam kegiatan pastoral di paroki dengan melaksanakan kegiatan kerasulan tertentu.

Perkembangan Umat

Setelah pemisahan Paroki Nikodemus Ciputat, dari sisi Kuantitatif data statistik paroki untuk perkembangan umat di Paroki Rasul Barnabas dari tahun ke tahun mengalami kenaikan rata-rata 2,88 %. Hal ini didasarkan pada statistik umat akhir tahun ke tahun mulai tahun 2000 hingga 2007 seperti tergambar pada tabel ini:

TAHUN JUMLAH UMAT KENAIKAN % KENAIKAN
2000 6.574
2001 6.743 169 2,57 %
2002 6.920 177 2,62 %
2003 7.133 213 3,08 %
2004 7.417 284 3,98 %
2005 7.594 177 2,39 %
2006 7.796 202 2,66 %
2007 7.974 178 2,28 %